Visi keilmuan PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS adalah “Mengembangkan pendidikan bahasa Inggris melalui penelitian yang mengintegrasikan teori pendidikan, linguistik, dan teknologi secara multidisipliner untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di era global.”
Tujuan PS
1) Menghasilkan calon pendidik bahasa Inggris di jenjang pendidikan dasar dan menengah atau yang sederajat yang kreatif, inovatif, dan profesional, dengan penguasaan mendalam terhadap materi bahasa Inggris serta pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran berbasis teori pendidikan dan penelitian terkini. Lulusan dibekali keterampilan merancang dan menerapkan model pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan kurikulum, baik nasional maupun internasional. Mereka juga memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, termasuk media digital, e-learning, dan kecerdasan buatan (AI). Selain itu, lulusan diharapkan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, berakhlak mulia, cerdas, serta terampil dalam mengelola pembelajaran yang berpusat pada siswa.
2) Menghasilkan wirausahawan dalam bidang pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kompetensi untuk menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan produk atau layanan inovatif yang relevan dengan kebutuhan pendidikan bahasa Inggris, baik secara mandiri maupun dalam tim. Lulusan diharapkan mampu merancang kurikulum yang adaptif dan kontekstual, menghasilkan bahan ajar berbasis penelitian dan kebutuhan pasar, serta menciptakan media pendidikan yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, mereka juga dibekali keterampilan manajemen, pemasaran, dan komunikasi yang diperlukan untuk membangun usaha yang berkelanjutan dan berkontribusi pada pengembangan pendidikan bahasa Inggris di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
Strategi Pencapaian Tujuan PS
Secara garis besar strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS-SPBING dapat dijelaskan melalui tahapan sebagai berikut.
1) Membekali mahasiswa dengan kompetensi yang relevant dengan profil lulusan dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang memuat aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terintegrasi. Rumusan CPL tersebut termuat dalam Kurikulum PS SPBING 2023 dan dielaborasi dalam rencana pembelajaran semester (RPS).
2) Melaksanakan pembelajaran atau perkuliahan yang dapat merealisasikan CPL yang telah dirumuskan dan dimuat di dalam kurikulum, baik dalam bentuk pembelajaran terbimbing (tatap muka di dalam kelas), penugasan terstruktur, maupun pembelajaran mandiri.
3) Melaksanakan penilaian pembelajaran (khususnya penilaian sumatif atau assessment of learning) yang dapat mengukur ketercapaian CPL setelah CPL tersebut direalisasikan melalui pembelajaran atau perkuliahan.
4) Mendorong dan melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang mampu mengembangkan kompetensi akademik dan kepribadian mereka, seperti pembimbingan penelitian pasca kuliah teori, pembimbingan dan pelatihan penulisan artikel hasil penelitian, partisipasi dalam kuliah tamu/pakar, presentasi di konferensi/seminar internasional, dan publikasi di jurnal nasional atau internasional bereputasi. Dalam beberapa kegiatan, mahasiswa juga terlibat aktif sebagai pengelola kegiatan tersebut.
5) Meningkatkan kualitas dosen melalui kegiatan pengembangan profesional secara berkelanjutan, seperti studi lanjut ke jenjang doktor (S3), membaca referensi yang relevan dan mutakhir, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ilmiah (seperti konferensi, seminar, dan focus group discussion), dan melakukan penelitian yang relevan dengan kepakaran (expertise) yang melibatkan mahasiswa.
6) Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memungkinkan pembelajaran atau perkuliahan dapat berjalan dengan baik, seperti ruang kuliah dan ruang diskusi yang nyaman, wifi/internet dengan bandwidth yang kuat, dan e-journal.