Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang tergabung dalam Research Group (RG) English Language Teaching Studies, Methodology, and Assessment (ELTSMA) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul: “Diklat Pengembangan Diri – Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrasi Teknologi Artificial Intelligence: Extensifikasi Membaca dengan Readtheory bagi Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Sragen”. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dana Non APBN UNS TA. 2023. Kegiatan ini bekerja sama dengan MGMP Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Sragen yang diketuai oleh Dra. Pancarini Dyah Rahayuningsih, M.Pd.
Dalam kegiatan ini, Tim PkM RG ELTSMA FKIP UNS mengajak guru-guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Sragen menggunakan ReadTheory dan Digital Tools lainnya berbasis Generative Artificial Intelligence (Gen-AI) untuk diintegrasikan dalam pembelajaran. Dalam hal ini, workshop tidak saja berfokus pada pengenalan atau tutorial penggunaan platform tetapi juga bagaimana menjaga tingkat engagement siswa untuk terus berada dalam program ReadTheory dan Digital Tools lainnya. Integrasi ReadTheory dan digital tools lainnya seperti ChatGPT ke dalam aktivitas pembelajaran kelas juga akan digali sehingga program ekstensifikasi membaca melalui ReadTheory ini tetap relevan dengan dengan silabus yang sudah ada.
Selain mengenalkan ReadTheory kepada peserta workshop, Tim PkM EED FKIP UNS juga mengenalkan penggunaan digital tools dan Gen-AI dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam listening, reading, speaking, dan writing. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Hasan Zainnuri, M.Pd., Dr. Sumardi, M.Pd., Dr. Ngadiso, M.Pd., dan Drs. Muh. Asrori, M.Pd. “Kegiatan Diklat Pengembangan Diri ini kami laksanakan pada tanggal 8 Agustus 2023 lalu, bertempat di Aula SMA Negeri 2 Sragen, yang diikuti oleh 30 guru-guru Bahasa Inggris yang berasal dari SMA di Kabupaten Sragen untuk meningkatkan semangat mereka dalam mengikuti pelatihan pemanfaatan ReadTheory dan Generative Artificial Intelligence (Gen-AI) dalam pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris yang terintegrasi teknologi”, terang narasumber Diklat dan anggota Grup Riset ELTSMA, Hasan Zainnuri, M.Pd., Minggu (5-11-2023).
Alasan dari Tim RG ELTSMA FKIP UNS menyelenggarakan kegiatan Diklat Pengembangan Diri untuk guru-guru Bahasa Inggris ini adalah karena pada umumnya guru belum mengetahui cara memanfaatkan teknologi Gen-AI dalam pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris di SMA. Alhamdulillah, saat acara Diklat luring pada tanggal 8 Agustus 2023, antusias peserta dalam mengikuti kegiatan workshop ini sangat baik. Setelah guru mendapatkan materi pelatihan, mereka mendapatkan pendampingan secara daring dan berdasarkan evaluasi kegiatan Diklat ini, guru-guru Bahasa Inggris telah mengetahui dan memanfaatkan ReadTheory dan Generative Artificial Intelligence (Gen-AI) dalam merencanakan, mengembangkan, dan menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris di SMA.
Melalui kegiatan ini diharapkan guru-guru Bahasa Inggris di SMA Kabupaten Sragen dapat terus mengembangkan diri untuk belajar memanfaatkan digital tools yang telah dikenalkan saat mengikuti kegiatan Diklat dan menerapkan di pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Selain itu, Tim Pengabdian juga berharap agar kerjasama antar institusi FKIP UNS dengan MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Sragen dapat terjalin secara sinergis dalam kegiatan yang akan datang.
Di akhir acara, peserta Diklat diminta untuk memberikan questionnaire dengan cara mengisi survey online melalui Google Form untuk mengetahui pendapat dan pemahaman mereka terkait materi diklat. Berdasarkan data yang diperoleh, responden menyatakan dari kegiatan Diklat Pengembangan Diri ini, banyak manfaat yang telah diperoleh terutama dalam memanfaatkan teknologi Generative AI seperti ReadTheory dan ChatGPT dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.
Leave A Comment